Hallo Coding Maniak, Sudahkan anda ngoding hari ini ?
Kali ini
saya akan membagikan salah satu program bisa dibilang game sih, yaitu Permainan
Sulap Angka. Pasti tahu kan permainan sulap angka ?? itu loh permainan tebak
angka yang orang lain akan memikirkan salah satu angka lalu kita akan
menebaknya. Kali ini permainan ini bisa direalisasikan di pc kita dengan
menggunakan pemrograman pascal.
Jadi di
program ini akan memunculkan daftar angka 1 sampai dengan 50 yang lalu akan
kita pilih salah satu, pikirkan saja salah satu lalu tekan y program yang akan
melakukan seleksi.
Dibawah ini
adalah gambarannya.
Dan dibawah
ini adalah gambaran ketika program ini dijalankan
Oke ayo kita
coba, kali ini saya akan memilih angka 9 lalu tekan Y
Kalau angka
yang kita pilih ada dalam daftar tekan Y lagi, btw angka 9 saya ada.
Jika tidak
ada di dalam daftar tekan T
Hore tebakan
program kita tepat......
Penasaran ??
Tertarik mau
coba juga ??
Oke dibawah
ini ada script code nya, seperti biasa saya pribadi lebih menyarankan anda
mengetik manual script code nya, supaya terbiasa.
Tapi kembali
lagi itu terserah anda.
PROGRAM SULAPANGKA;
USES CRT;
VAR I, J, K, L: INTEGER;
YT: CHAR;
NILAI:INTEGER;
FUNCTION CSTR(I: INTEGER): STRING;
VAR S: STRING[11];
BEGIN
GOTOXY(30,1); WRITE('WELCOME IN MAGIC NUMBER'); STR(I, S);
CSTR := S; END;
PROCEDURE TULIS(POSISI:INTEGER; TEKS:STRING);
VAR A, B, C: INTEGER;
BEGIN
A := POSISI; B := POSISI MOD 10; C := 1;
IF B = 0 THEN BEGIN B := 10;C := 0;
END;
GOTOXY(B * 8 - 5, (A DIV 10 + C) * 3 + 1); WRITE(TEKS);
END;
PROCEDURE BIKIN_KOTAK(KOLOM, BARIS: INTEGER);
BEGIN
CLRSCR;
FOR I:= 1 TO KOLOM DO BEGIN FOR J := 1 TO BARIS DO BEGIN
GOTOXY (J * 8 - 7, (I * 3)); WRITE('____');
GOTOXY (J * 8 - 7, (I * 3 + 1)); WRITE('| |');
GOTOXY (J * 8 - 7, (I * 3 + 2)); WRITE('____');
END;
END;
END;
PROCEDURE WIZARD7;
BEGIN
CLRSCR;
WRITELN('ANGKA YANG ANDA PILIH = ', NILAI);
WRITELN;
WRITE('INGIN MENGULANG (Y/ESC.)? ');READKEY; YT := READKEY;
END;
PROCEDURE WIZARD6;
BEGIN
BIKIN_KOTAK(2, 10);
FOR I := 1 TO 19 DO TULIS(I, CSTR(I + 31));
GOTOXY (5, 15); WRITE('APAKAH ANGKA YANG ANDA PILIH', ' ADA
PADA DERETAN ANGKA DI ATAS (Y/T) ');
REPEAT YT := READKEY; UNTIL YT IN ['y', 'Y', 't', 'T', #27];
IF UPCASE(YT) = 'Y' THEN NILAI := NILAI + 32; WIZARD7;
{===============================}
END;
PROCEDURE WIZARD5;
BEGIN
BIKIN_KOTAK(2, 10);
FOR I := 1 TO 16 DO TULIS(I, CSTR(I + 15));
FOR J := 17 TO 19 DO
TULIS (J, CSTR(J + 31));
GOTOXY (5, 15);
WRITE('APAKAH ANGKA YANG ANDA PILIH', ' ADA PADA DERETAN ANGKA DI ATAS (Y/T)
');
REPEAT YT := READKEY; UNTIL YT IN ['y', 'Y', 't', 'T', #27];
{===============================}
IF UPCASE(YT) = 'Y' THEN NILAI := NILAI + 16; WIZARD6;
END;
PROCEDURE WIZARD4;
BEGIN BIKIN_KOTAK(3, 10);
FOR J := 0 TO 2 DO FOR I := 1 TO 8 DO TULIS(J * 8 + I, CSTR(J
* 16 + I + 7));
GOTOXY (5, 15); WRITE('APAKAH ANGKA YANG ANDA PILIH', ' ADA
PADA DERETAN ANGKA DI ATAS (Y/T) ');
REPEAT YT := READKEY; UNTIL YT IN ['y', 'Y', 't', 'T', #27];
IF UPCASE(YT) = 'Y' THEN NILAI := NILAI + 8; WIZARD5; {===============================}
END;
PROCEDURE WIZARD3;
BEGIN
BIKIN_KOTAK(3, 10);
FOR J := 0 TO 5 DO FOR I := 1 TO 4 DO TULIS(J * 4 + I, CSTR(J
* 8 + I + 3));
GOTOXY (5, 15); WRITE('APAKAH ANGKA YANG ANDA PILIH', ' ADA
PADA DERETAN ANGKA DI ATAS (Y/T) ');
REPEAT YT := READKEY; UNTIL YT IN ['y', 'Y', 't', 'T'];
IF UPCASE(YT) = 'Y' THEN NILAI := NILAI + 4; WIZARD4;
{===============================} END;
PROCEDURE WIZARD2;
BEGIN
BIKIN_KOTAK(3, 10); J:=0;
FOR J := 0 TO 12 DO FOR I := 1 TO 2 DO TULIS(J * 2 + I,
CSTR(J * 4 + I + 1));
GOTOXY (5, 15); WRITE('APAKAH ANGKA YANG ANDA PILIH', ' ADA
PADA DERETAN ANGKA DI ATAS (Y/T) ');
REPEAT YT := READKEY; UNTIL YT IN ['y', 'Y', 't', 'T', #27];
IF UPCASE(YT) = 'Y' THEN NILAI := NILAI + 2; WIZARD3;
{===============================} END;
PROCEDURE WIZARD1;
BEGIN
BIKIN_KOTAK(3, 10); L:= 1;
REPEAT TULIS ((L + 1) DIV 2,CSTR(L)); L:= L + 2; UNTIL L >
50;
GOTOXY (5, 15); WRITE('APAKAH ANGKA YANG ANDA PILIH', ' ADA
PADA DERETAN ANGKA DI ATAS (Y/T) ');
REPEAT YT := READKEY; UNTIL YT IN ['y', 'Y', 't', 'T', #27];
IF UPCASE(YT) = 'Y' THEN NILAI := 1; WIZARD2;
{===============================}
END;
PROCEDURE TULIS_NOMOR;
BEGIN BIKIN_KOTAK(5, 10);
FOR K:= 1 TO 50 DO TULIS(K, CSTR(K));
GOTOXY(1, 20); WRITE ('PILIH SEBUAH ANGKA, ', 'TEKAN: Y, KALO
MAU TERUS! '); WRITE ('TEKAN ESC UNTUK KELUAR ');
REPEAT YT := READKEY; IF UPCASE(YT) = 'Y' THEN
BEGIN
NILAI := 0; WIZARD1;
END;
UNTIL YT IN ['y', 'Y', 't', 'T', #27];
{===============================}
END;
(* Program Utama *)
BEGIN
CLRSCR;
TEXTATTR := $1F; REPEAT TULIS_NOMOR; UNTIL YT = #27;
END.
Semoga
penjelasan diatas bermanfaat, silahkan tuliskan komentarnya jika dirasa ada
yang salah, kurang jelas atau sebagainya.
Kita disini
sama-sama belajar
Seperti
salah satu moto di blog ini “Dari newbie, oleh newbie, untuk newbie”
Baca Juga
Program Reservasi Hotel
Program Menu Makanan
izin coppy
ReplyDeletesilahkan, semoga bermanfaat..
Deletejika dipublish kembali harap sertakan sumber ya, terima kasih
Kok terjadi kesalahan ya?
ReplyDeletePadahal hasil copy paste.
mungkin saat copas tidak rapih (seperti huruf bertumpuk atau semacamnya)
DeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDelete