Saturday, September 29, 2018

Hallo Coding Maniak, Sudahkan anda ngoding hari ini ?

Kali ini saya akan membagikan salah satu program bisa dibilang game sih, yaitu Permainan Sulap Angka. Pasti tahu kan permainan sulap angka ?? itu loh permainan tebak angka yang orang lain akan memikirkan salah satu angka lalu kita akan menebaknya. Kali ini permainan ini bisa direalisasikan di pc kita dengan menggunakan pemrograman pascal.
Jadi di program ini akan memunculkan daftar angka 1 sampai dengan 50 yang lalu akan kita pilih salah satu, pikirkan saja salah satu lalu tekan y program yang akan melakukan seleksi.
Dibawah ini adalah gambarannya.

Contoh pascal program sulap


Contoh pascal program sulap




Contoh pascal program sulap





Dan dibawah ini adalah gambaran ketika program ini dijalankan

Contoh pascal program sulap

Oke ayo kita coba, kali ini saya akan memilih angka 9 lalu tekan Y




Contoh pascal program sulap 
Kalau angka yang kita pilih ada dalam daftar tekan Y lagi, btw angka 9 saya ada.





Contoh pascal program sulap
Jika tidak ada di dalam daftar  tekan T


Contoh pascal program sulap
Hore tebakan program kita tepat......


Penasaran ??
Tertarik mau coba juga ??
Oke dibawah ini ada script code nya, seperti biasa saya pribadi lebih menyarankan anda mengetik manual script code nya, supaya terbiasa.
Tapi kembali lagi itu terserah anda.



PROGRAM SULAPANGKA;
USES CRT;
VAR I, J, K, L: INTEGER;
YT: CHAR;
NILAI:INTEGER;
FUNCTION CSTR(I: INTEGER): STRING;
VAR S: STRING[11];
BEGIN
GOTOXY(30,1); WRITE('WELCOME IN MAGIC NUMBER'); STR(I, S); CSTR := S; END;
PROCEDURE TULIS(POSISI:INTEGER; TEKS:STRING);
VAR A, B, C: INTEGER;
BEGIN
A := POSISI; B := POSISI MOD 10; C := 1;
IF B = 0 THEN BEGIN B := 10;C := 0;
END;
GOTOXY(B * 8 - 5, (A DIV 10 + C) * 3 + 1); WRITE(TEKS);
END;
PROCEDURE BIKIN_KOTAK(KOLOM, BARIS: INTEGER);
BEGIN
CLRSCR;
FOR I:= 1 TO KOLOM DO BEGIN FOR J := 1 TO BARIS DO BEGIN
GOTOXY (J * 8 - 7, (I * 3)); WRITE('____');
GOTOXY (J * 8 - 7, (I * 3 + 1)); WRITE('|        |');
GOTOXY (J * 8 - 7, (I * 3 + 2)); WRITE('____');
END;
END;
END;
PROCEDURE WIZARD7;
BEGIN
CLRSCR;
WRITELN('ANGKA YANG ANDA PILIH = ', NILAI);
WRITELN;
WRITE('INGIN MENGULANG (Y/ESC.)? ');READKEY; YT := READKEY;
END;
PROCEDURE WIZARD6;
BEGIN
BIKIN_KOTAK(2, 10);
FOR I := 1 TO 19 DO TULIS(I, CSTR(I + 31));
GOTOXY (5, 15); WRITE('APAKAH ANGKA YANG ANDA PILIH', ' ADA PADA DERETAN ANGKA DI ATAS (Y/T) ');
REPEAT YT := READKEY; UNTIL YT IN ['y', 'Y', 't', 'T', #27];
IF UPCASE(YT) = 'Y' THEN NILAI := NILAI + 32; WIZARD7; {===============================}
END;
PROCEDURE WIZARD5;
BEGIN
BIKIN_KOTAK(2, 10);
FOR I := 1 TO 16 DO TULIS(I, CSTR(I + 15));
  FOR J := 17 TO 19 DO TULIS (J, CSTR(J + 31));
  GOTOXY (5, 15); WRITE('APAKAH ANGKA YANG ANDA PILIH', ' ADA PADA DERETAN ANGKA DI ATAS (Y/T) ');
REPEAT YT := READKEY; UNTIL YT IN ['y', 'Y', 't', 'T', #27]; {===============================}
IF UPCASE(YT) = 'Y' THEN NILAI := NILAI + 16; WIZARD6;
END;
PROCEDURE WIZARD4;
BEGIN BIKIN_KOTAK(3, 10);
FOR J := 0 TO 2 DO FOR I := 1 TO 8 DO TULIS(J * 8 + I, CSTR(J * 16 + I + 7));
GOTOXY (5, 15); WRITE('APAKAH ANGKA YANG ANDA PILIH', ' ADA PADA DERETAN ANGKA DI ATAS (Y/T) ');
REPEAT YT := READKEY; UNTIL YT IN ['y', 'Y', 't', 'T', #27];
IF UPCASE(YT) = 'Y' THEN NILAI := NILAI + 8; WIZARD5;  {===============================}
END;
PROCEDURE WIZARD3;
BEGIN
BIKIN_KOTAK(3, 10);
FOR J := 0 TO 5 DO FOR I := 1 TO 4 DO TULIS(J * 4 + I, CSTR(J * 8 + I + 3));
GOTOXY (5, 15); WRITE('APAKAH ANGKA YANG ANDA PILIH', ' ADA PADA DERETAN ANGKA DI ATAS (Y/T) ');
REPEAT YT := READKEY; UNTIL YT IN ['y', 'Y', 't', 'T'];
IF UPCASE(YT) = 'Y' THEN NILAI := NILAI + 4; WIZARD4; {===============================} END;
PROCEDURE WIZARD2;
BEGIN
BIKIN_KOTAK(3, 10); J:=0;
FOR J := 0 TO 12 DO FOR I := 1 TO 2 DO TULIS(J * 2 + I, CSTR(J * 4 + I + 1));
GOTOXY (5, 15); WRITE('APAKAH ANGKA YANG ANDA PILIH', ' ADA PADA DERETAN ANGKA DI ATAS (Y/T) ');
REPEAT YT := READKEY; UNTIL YT IN ['y', 'Y', 't', 'T', #27];
IF UPCASE(YT) = 'Y' THEN NILAI := NILAI + 2; WIZARD3; {===============================} END;
PROCEDURE WIZARD1;
BEGIN
BIKIN_KOTAK(3, 10); L:= 1;
REPEAT TULIS ((L + 1) DIV 2,CSTR(L)); L:= L + 2; UNTIL L > 50;
GOTOXY (5, 15); WRITE('APAKAH ANGKA YANG ANDA PILIH', ' ADA PADA DERETAN ANGKA DI ATAS (Y/T) ');
REPEAT YT := READKEY; UNTIL YT IN ['y', 'Y', 't', 'T', #27];
IF UPCASE(YT) = 'Y' THEN NILAI := 1; WIZARD2; {===============================}
END;
PROCEDURE TULIS_NOMOR;
BEGIN BIKIN_KOTAK(5, 10);
FOR K:= 1 TO 50 DO TULIS(K, CSTR(K));
GOTOXY(1, 20); WRITE ('PILIH SEBUAH ANGKA, ', 'TEKAN: Y, KALO MAU TERUS! '); WRITE ('TEKAN ESC UNTUK KELUAR ');
REPEAT YT := READKEY; IF UPCASE(YT) = 'Y' THEN
BEGIN
NILAI := 0; WIZARD1;
END;
UNTIL YT IN ['y', 'Y', 't', 'T', #27]; {===============================}
END;
(* Program Utama *)
BEGIN
CLRSCR;
TEXTATTR := $1F; REPEAT TULIS_NOMOR; UNTIL YT = #27;
END.

Semoga penjelasan diatas bermanfaat, silahkan tuliskan komentarnya jika dirasa ada yang salah, kurang jelas atau sebagainya.
Kita disini sama-sama belajar
Seperti salah satu moto di blog ini “Dari newbie, oleh newbie, untuk newbie”


Baca Juga
Program Reservasi Hotel
Program Menu Makanan

6 comments:

  1. Replies
    1. silahkan, semoga bermanfaat..
      jika dipublish kembali harap sertakan sumber ya, terima kasih

      Delete
  2. Kok terjadi kesalahan ya?
    Padahal hasil copy paste.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin saat copas tidak rapih (seperti huruf bertumpuk atau semacamnya)

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Author

My photo
"life is only once, so don't choose to be mediocre, do whatever you need to do and die without regret" -Mad Arief-

Postingan Terbaru

Total Pageviews